Senin, 18 Januari 2010

Yang Khas di wonosobo

Jika Anda bepergian ke kota Wonosobo, atau sekedar numpang lewat di kota ini, silahkan mampir untuk mencicipi makanan khas Wonosobo.
Apa saja sich makanan khas Wonosobo itu ? Berikut ini sebagian di antaranya :
1 . Tempe kemul

Tempe kemul ( Ind : tempe selimut ) terbuat dari tempe yang digoreng dengan diselimuti tepung pati singkong. Bentuknya mirip dengan mendoan yang khas mBanyumas, tetapi perbedaannya jika mendoan cenderung lembek maka tempe kemul keras dan renyah. Rahasia keranyahan tempe kemul ini diperoleh jika pati singkong yang digunakan masih segar, jika tidak maka tempe kemul ini dalam keadaan dingin akan terasa bantat dan keras.


2 . Mie Ongklok.
 
Ini adalah mie khas Wonosobo. Terdiri dari : mie, kubis, kocai, dan kuah kental ( disebut dengan Loh ). Melihat penampilannya mungkin seseorang yang baru akan makan mie ini pasti akan pikir-pikir. Tetapi … , sekali mencoba dijamin ketagihan ( he…he…promosi yes ). Mie ini adalah pasangan tepat dari tempe kemul. Dalam prakteknya seorang penjual mie ongklok akan menyediakan sate ayam disamping tempe kemul.  Harganya cukup terjangkau, dengan uang kurang dari Rp. 10.000,- Anda dapat menikmati semangkok mie ongklok lengkap dengan tempe kemul dan sate ayam. Betul-betul makanan merakyat, bukan ?

3 . Carica

Carica adalah buah sejenis pepaya. Di kawasan Asia dan Australia, buah ini hanya dapat tumbuh dengan baik di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan Selandia Baru. Benar-benar buah khas Wonosobo.
Buah carica tidak bisa dimakan mentah, karena getahnya dapat menimbulkan gatal-gatal. Untuk menikmati buah ini perlu diolah dulu menjadi manisan carica.

Manisan carica dalam botol inilah yang banyak dijumpai di toko-toko makanan atau pasar swalayan.
Selain terkenal dengan makanannya, Wonosobo terkenal hingga mancanegara karen obyek wisatanya. Berdasarkan data dari dinas Pariwisata, Wonosobo adalah kota yang kedua setelah Magelang yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.
Berikut adalah obyek-obyek wisata yang dapat Anda kunjungi di kota Wonosobo ASRI :
1 . Dataran Tinggi Dieng ( Dieng Plateau ).
Dataran tinggi Dieng terletak di sebelah utara kota Wonosobo. Sebenarnya lokasi ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah Kabupaten Wonosobo, dan kabupaten Banjarnegara. Tetapi turis baik mancanegara maupun lokal yang akan berkunjung ke daerah ini biasanya melalui kabupaten Wonosobo.
Di obyek wisata ini terdapat bermacam-macam lokasi wisata, yaitu : candi Dieng, telaga Warna, dan kawah Sikidang.












2 . Telaga Menjer
Telaga Menjer terletak di kecamatan Garung. Telaga ini selain dimanfaatkan sebagai obyek wisata, juga digunakan sebagai sumber air untuk pusat listrik tenaga air.
Di sini Anda dapat melakukan berbagai wisata air, seperti memancing, atau mendayung rakit.
Lokasi ini sering juga digunakan sebagai lokasi outbound bagi berbagai kelompok yang berasal dari dalam atau luar kota wonosobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar